TSO6BUz6BSC6TUO9TfW7GfCoTY==

Inilah 8 Wisata Alam yang Eksotik di Halamahera Tengah, Yuk Berwisata!

Gua Boki Maruru (Foto Tribunnews.com)

SENTRIS | Halmahera--
Halmahera Tengah merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Maluku Utara. Terkenal dengan kenampakan bentang alamnya yang indah, wilayah ini merupakan salah satu tujuan wisata yang cukup populer di Indonesia.

Tak hanya bentang alamnya yang indah, penduduk Halmahera Tengah juga terkenal akan keramah tamahannya. Tak heran banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang berwisata di daerah ini.

Bagi Anda yang ingin menikmati pengalaman wisata tak terlupakan, Halmahera Tengah merupakan salah satu pilihan yang tepat. Berikut daftar tempat wisata hits di Halmahera Tengah yang wajib Anda kunjungi saat berlibur.

1. Kepulauan Gebe

Kepulauan Gebe merupakan gugus kepulauan berbatasan langsung dengan Raja Ampat. Kepulauan ini terkenal dengan kawasan wisata dan pasir putihnya yang menawan. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang setelah menikmati wisata di Raja Ampat.

Tak hanya keindahan alamnya, Kepulauan Gebe juga terkenal dengan keanekaragaman biota lautnya. Penelitian terbaru menyatakan bahwa terdapat 300 jenis ikan di wilayah bawah laut pulau Gebe.

Anda juga dapat melakukan diving dan snorkeling di wisata ini. Tak perlu khawatir dengan perlengkapan dan keamanan karena pengelola wisata Kepulauan Gebe telah terlatih dengan baik untuk memprioritaskan keamanan dan kenyamanan Anda.

2. Mangrove Kacepi

Tanaman mangrove yang ditanam di wilayah pantai Desa Kacepi ternyata tak hanya berfungsi sebagai pencegah abrasi (pengikisan tanah oleh air laut). Melainkan hutan magrove di wilayah ini juga dikemas sebagai objek wisata baru yang menarik untuk dikunjungi.

Berlokasi tak jauh dari pusat Kota Gebe, Mangrove Kacepi cukup populer dikalangan masyarakat lokal sebagai tempat yang kaya dengan spot berfoto. Ide kreatif dari pengelola setempat mampu menyulap akar dan pepohonan magrove sebagai rumah pohon, patung hati, hingga bentuk-bentuk abstrak lainnya yang nampak cantik diabadikan lensa kamera.

3. Pulau Sayafi

Ingin merasakan sensasi bersantai di pulau pribadi yang tenang? Anda dapat berkunjung ke Pulau Sayafi. Pulau yang terletak di Patani Utara ini juga dikenal sebagai “Pulau Kelapa”. Hal ini lantaran pulau ini memiliki hutan pohon kelapa yang sangat banyak jumlahnya.

Selain terkenal dengan pohon kelapanya, Pulau Sayafi juga memiliki pantai dengan ombak yang tenang. Pasir putih yang bersih di pulau ini sangat cocok sebagai tempat bersantai ataupun bermeditasi. Selayaknya di pulau sendiri, Anda akan menemukan kedamaian dan pengalaman bersantai yang sulit untuk dilupakan saat berkunjung ke Pulau Sayafi.

4. Telaga Yoi

The Hidden Paradise merupakan julukan yang diberikan oleh wisatawan kepada tempat ini. Panorama Telaga Yoi tak hanya terkenal dikalangan wisatawan domestik melainkan juga wisatawan mancanegara.

Memiliki bentuk danau yang cekung, Telaga Yoi seolah nampak memiliki mulut dengan garis pembatas yang memisahkan antara air laut dan air tawar telaganya. Keberadaan air tawar pada telaga ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Saat kondisi pasang surut, air laut dari telaga perlahan akan terseret kedalam laut. Pada momen ini, Anda dapat menikmati hamparan pasir putihnya yang memanjang di setiap telaga. Pemandangan sunset di Telaga Yoi juga diperindah dengan keberadaan pulau-pulau kecil yang nampak berwarna oranye terkena bias cahaya matahari.

5. Tepeleo Batu Dua

Memiliki nama yang unik objek wisata Tepeleo Batu Dua merupakan wilayah yang terletak di wilayah Desa Tapelo Dua. Menurut masyarakat sekitar, objek wisata ini merupakan ikon dari Desa Tepelo Dua. Hal ini lantaran bentuk dari bukit Tapelo seolah terbelah menjadi dua.

Masyarakat sekitar percaya bahwa bukit ini terbentuk dari sebuah kapal yang karam dan akhirnya terbelah menjadi dua. Untuk menuju objek wisata ini Anda dapat menggunakan speedboat dengan titik keberangkatan di Desa Tepeleo Batu Dua.

6. Goa Baki Maruru

Goa Boki Maruru terkenal sebagai goa yang unik. Hal ini lantaran lokasi goa terletak pada perairan tenang sehingga Anda harus menggunakan perahu untuk berkeliling di wisata ini. Perahu yang sering digunakan oleh wisatawan biasanya adalah perahu bermodel ketinting. Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk menyewa perahu ini berkisar antara 350 ribu rupiah.

Meskipun terbilang cukup susah untuk mencapai lokasinya, Anda dijamin tak akan kecewa berwisata di Goa ini. Megahnya dinding-dinding goa ini akan memanjakan mata Anda selama trip berlangsung. Anda juga dapat mengambil foto dengan bebas di setiap sudut yang Anda lewati.

7. Air Terjun Moreala

Berjarak 3 kilometer dari pusat Kota Weda, Air Terjun Moreala merupakan objek wisata alam yang membingkai keindahan Halmahera Tengah dengan alamnya yang mempesona. Dikelilingi hutan hujan yang rimbun, kawasan wisata ini memiliki udara yang masih asri dan bersih.

Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata ini adalah saat pagi hari. Bersama dengan hangatnya sinar mentari pagi, Anda dapat bermain air dibawah air terjun ini.

8. Kawasan Ekowisata Nusliko

Objek wisata ini digadang sebagai wisata eco friendly yang mengusung konsep 3 A (Amanitas, Atraksi, Aksesabilitas). Sesuai dengan konsepnya, objek wisata ini memiliki sarana-prasarana dan hiburan yang sangat ramah terhadap alam.

Memasuki Kawasan Ekowisata Nusliko, Anda akan membutuhkan kartu izin masuk yang bernama Nusliko ERA. Nusliko ERA merupakan sebuah kartu masuk wisata berbasis elektrik. Sistem ini tentunya sangat ramah lingkungan sebab Anda tidak perlu mengenakan gelang tiket dari kertas ataupun membeli kupon tiket berbentuk kertas. [fri]

 

Komentar0

Type above and press Enter to search.