TSO6BUz6BSC6TUO9TfW7GfCoTY==

5 Makanan Khas Cirebon Layak Coba, Apa Saja?


SENTRIS | Cirebon--
Cirebon adalah salah satu kota di Jawa Barat. Cirebon dikenal sebagai pusat kebudayaan yang kaya, terutama dalam hal seni, musik, dan juga makanan. Makanan khas Cirebon yang beragam, unik, dan lezat, merupakan hasil dari perpaduan budaya dan pengaruh dari berbagai daerah di Indonesia.

Saat berwisata ke sana, jangan lupa mencicipi kuliner khas Cirebon. Kira-kira ada makanan khas apa saja ya? Berikut sejumlah makanan khas Cirebon yang wajib dicoba!

1. Empal Gentong

Empal Gentong adalah makanan khas Cirebon yang terkenal. Makanan ini terbuat dari daging sapi atau kerbau yang dimasak dalam kuah kental dari bumbu-bumbu rempah seperti kayu manis, kapulaga, dan cengkeh. Kuahnya yang kental dan gurih, membuat empal gentong ini menjadi sangat lezat dan cocok disantap bersama nasi.

2. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang adalah makanan khas Cirebon yang terbuat dari nasi putih yang dilengkapi dengan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, sate ayam, tahu, tempe, sayur, dan sambal. Makanan ini disajikan dalam daun jati yang dikatakan memberikan rasa khas pada nasi Jamblang. Rasanya yang lezat dan khas membuat nasi Jamblang menjadi salah satu makanan yang banyak dicari oleh wisatawan.

3. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah makanan khas Cirebon yang terbuat dari tahu yang dicelupkan dalam air garam, air asam jawa, dan kecap manis. Tahu yang sudah dicelupkan kemudian disajikan dengan sambal terasi dan bawang goreng. Rasanya yang unik dan segar membuat tahu gejrot menjadi camilan yang banyak disukai.

4. Growolan

Growolan merupakan makanan khas Cirebon dari olahan gaplek (singkong halus yang dijemur hingga kering) serta parutan kelapa. Cara membuat growolan berawal dari gaplek yang telah dijemur dan dicuci bersih, lalu dikukus. Setelah matang, gaplek dibiarkan dingin sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Gaplek itu kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang sudah diberi sedikit garam.

5. Mie Koclok

Mie koclok adalah kuliner khas Cirebon berupa mie ayam. Dalam dialek Cirebon, koclok berarti “kocok”, yang mana mie dimasak dengan dikocok sambil direbus pada air panas. Mie koclok disajikan dengan kuah kental hampir mirip bubur. Kuah tersebut terbuat dari kaldu ayam dan kuah santan yang dikentalkan dengan tepung jagung atau tapioka.

Mie koclok terdiri dari ayam suwir, tauge, kol, telur, daun bawang, bawang goreng, dan sejumlah bahan lainnya. Dijamin lezat!



Komentar0

Type above and press Enter to search.