TSO6BUz6BSC6TUO9TfW7GfCoTY==

Libur Nataru Pakai Motor, Pengendara Wajib Tips Aman ini


SENTRIS | Jakarta--
Motor menjadi pilihan utama masyarakat saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Menurut prediksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sekitar 18,71% masyarakat akan menggunakan sepeda motor. Meskipun memiliki risiko besar, namun sepeda motor tetap dipilih karena efisien dan praktis untuk perjalanan ke kampung halaman saat libur Nataru ini.

Muhammad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), memberikan tips aman dan nyaman bagi pengendara sepeda motor yang ingin merayakan libur Nataru.

1. Pastikan Pengendara Sehat: Sebelum berkendara, pastikan tubuh dalam keadaan sehat karena akan bersentuhan langsung dengan udara panas atau dingin. Istirahatlah dengan cukup, tidur lebih awal, dan hindari begadang sebelum melakukan perjalanan panjang.

2. Kondisi Sepeda Motor Baik: Periksa kondisi rem, rantai, aki, oli, ban, dan lampu-lampu sebelum berkendara, terutama lampu depan, rem, belakang, dan sein. Jika akan melakukan perjalanan jauh, disarankan untuk melakukan pengecekan di bengkel resmi yang terpercaya.

3. Gunakan Perlengkapan Berkendara: Pengendara wajib menggunakan perlengkapan berkendara yang sesuai standar untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan, seperti jaket, sarung tangan, helm bervisor bening, dan sepatu tertutup. Jangan lupa membawa perlengkapan cadangan seperti jas hujan setelan dan sepatu karet.

4. Pahami Rute dan Estimasi Waktu: Sebelum berkendara, pahami rute yang akan dilalui dan estimasi waktu perjalanan agar bisa mempersiapkan kebutuhan dengan baik. Pastikan ada tempat istirahat, serta bawa minuman dan cemilan.

5. Membawa Beban Sesuai Kapasitas: Bawa barang seperlunya sesuai dengan kapasitas sepeda motor. Terutama jika berkendara bersama keluarga atau kerabat, pastinya akan ada banyak barang yang dibawa.

6. Manfaatkan Fitur Sepeda Motor saat Darurat: Ketika pergi ke tempat wisata baru, pengendara seringkali membutuhkan arahan rute yang perlu dilalui. Anda dapat memeriksa rute pada smartphone secara berkala tanpa khawatir kehabisan baterai dengan memanfaatkan fitur electric power socket atau fitur pengisian daya darurat. [fris]

Komentar0

Type above and press Enter to search.