TSO6BUz6BSC6TUO9TfW7GfCoTY==

Nah, Inilah Ragam Spot Wisata Religi di Jawa Timur


SURABAYA | 
Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki destinasi wisata lengkap. Mulai dari wisata alam, wisata kota, hingga wisata religi dan sejarah bisa wisatawan kunjungi. Salah satu wisata Jawa Timur yang cukup menarik perhatian adalah wisata religi.

Hal ini tak lepas dari keberadaan Wali Songo, penyebar agama Islam di Pulau Jawa, yang memberikan pengaruh dan menjadi magnet wisata religi. Ada beberapa masjid yang menjadi daya tarik untuk singgah beribadah atau sekadar istirahat.

Selain masjid-masjid, ada juga makam para tokoh Islam yang banyak berkontribusi atas syiar Islam di nusantara. Wisatawan juga bisa mendapat pengetahuan tentang sejarah bagaimana persebaran agama Islam di kawasan tersebut. Nah, berikut spot wisata religi Jawa Timur yang cocok jadi destinasi wisata.

Masjid Sunan Ampel 

Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel merupakan salah satu alternatif yang bisa dipilih saat berkunjung ke Surabaya. Ketika sampai di kawasan ini, yang pertama kali terasa adalah suasana khas Timur Tengah yang begitu kental. Kawasan Ampel ini merupakan pertemuan berbagai etnis, yang didominasi oleh etnis keturunan Arab. Kawasan ini juga telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Kawasan Wisata Ampel menawarkan banyak alternatif wisata, antara lain wisata religi, wisata kuliner dan wisata belanja. Dan bahkan jika kalian termasuk penyuka sejarah, tempat ini menawarkan beberapa peninggalan sejarah yang layak untuk dikunjungi.

Banyak sekali peziarah yang mendatangi kampung Arab Ampel ini setiap harinya. Khususnya untuk berziarah di makam Sunan Ampel. Sunan Ampel memiliki nama kecil Raden Rahmat dan merupakan satu dari sembilan wali yang menyebarkan Islam di Pulau Jawa (Wali Songo). Di sekitar masjid inilah Sunan Ampel yang wafat tahun 1481 di Demak dan dimakamkan di sebelah barat Masjid Ampel, Surabaya.

Masjid Agung di Al-Akbar di Surabaya

Masjid Al-Akbar Surabaya (MAS), yang lebih dikenal sebagai Masjid Agung, adalah salah satu tempat wisata ikonik di Surabaya. Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 11,2 hektare dengan kapasitas 36 ribu jamaah.

Keunikan dari masjid ini terletak pada corak ukiran dan kaligrafi. Sepintas coraknya memang mirip dengan masjid-masjid pada umumnya, namun masjid ini memiliki corak kaligrafi yang lebih banyak. Ukiran-ukiran tersebut ada yang di kayu jati maupun dinding. 

Keunikan Masjid ini memiliki 1 menara setinggi 99 meter. Berkat keindahannya, tempat wisata Jawa Timur ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan.

Masjid Agung Tuban 

Raden Maulana Makdum Ibrahim atau yang lebih dikenal sebagi Sunan Bonang merupakan salah tokoh dari Wali Songo yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di tanah jawa pada abad ke 14. Sampai saat ini, Makam Sunan Bonang yang berada di belakang Masjid Agung Tuban terus dikunjungi oleh para peziarah.

Lokasi makam Sunan Bonang yang juga tak jauh dari Alun-alun Tuban, menjadikan masjid ini ramai oleh para pengunjung. Bahkan di area ini bisa menikmati kuliner khas Tuban seperti Legen dan Siwalan. Bagi pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh khas Tuban, disana juga dijual batik Gedog yang merupakan batik Khas Tuban.

Masjid Sunan Giri dan Makamnya

Makam Sunan Giri ada di perbukitan di Desa Giri, Kebomas, Gresik. Makam Sunan Giri bisa dicapai dengan tiga akses masuk, yaitu dari arah Masjid Sunan Giri, dari undakan tengah melewati candi bentar dan patung naga berukuran besar, serta masuk dari arah Makam Sunan Prapen.

Berada di perbukitan, area pemakaman menawarkan pemandangan yang indah pada malam hari. Objek wisata Jawa Timur ini menjadi salah satu tempat di Gresik yang selalu ramai dikunjungi oleh pelancong dari penjuru negeri.

Syaikh Maulana Malik Ibrahim di Gresik

Selain Sunan Giri, wisata religi lain yang ada di Gresik adalah makam Maulana Malik Ibrahim atau juga dikenal dengan nama Sunan Gresik. Maulana Malik Ibrahim adalah nama salah seorang Walisongo, yang dianggap yang pertama kali menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Ia dimakamkan di desa Gapurosukolilo, kota Gresik, Jawa Timur. Objek wisata Jawa Timur ini ini tidak jauh dari alun-alun Kota Gresik. Kompleks makam ini sebenarnya tidak terlalu luas. Selain berziarah, wisatawan juga bisa berkeliling di sekitar makam dan berbelanja oleh-oleh makanan khas.

Masjid Tiban Pintu Seribu di Malang

Sama seperti Lawang Sewu di Semarang, masjid ini memiliki banyak sekali pintu hingga dinamai Pintu Seribu. Lokasinya berada di Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Masjid megah ini adalah komplek pondok pesantren dengan bangunan bertingkat 10.

Masjid Tiban mulai dibangun tahun 1991. Menariknya proses pembangunannya dilakukan bertahap sedikit demi sedikit. Hasilnya, masjid ini punya 10 lantai lengkap dengan toko suvenir, toko makanan ringan, dan area satwa.

Wisatawan bisa menjelajah masjid yang berdiri di lahan seluas 6,5 hektare itu menggunakan lift maupun tangga. Tapi yang paling menarik perhatian wisatawan datang ke masjid ini adalah arsitektur dan ornamen bangunannya yang nyentrik. [fis]

 


Komentar0

Type above and press Enter to search.