TSO6BUz6BSC6TUO9TfW7GfCoTY==

Tips Aman Berkendara Liburan Nataru ke Luar Kota


SENTRIS | Jakarta--
Liburan natal dan tahun baru akan segera tiba dalam minggu depan. Bagi Anda yang berencana untuk bepergian menggunakan mobil pribadi ke luar kota, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan. 

Terutama jika Anda akan melewati jalan tol atau jalan bebas hambatan. Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menyarankan untuk mempersiapkan diri secara fisik sebelum melakukan perjalanan jauh dengan istirahat tidur minimal 7 jam.

"Kondisi fisik sering kali diabaikan, padahal jika mobil mengalami kerusakan, kita bisa berhenti di pinggir jalan. Namun, jika merasa mengantuk atau lelah, risikonya adalah kecelakaan. Oleh karena itu, disarankan untuk beristirahat tidur selama 7 jam sebelum perjalanan dan juga beristirahat secara berkala di rest area yang efektif," ungkap Sony dilansir detikOto, pada Kamis (21/12/2023).

Para pengemudi disarankan untuk beristirahat selama 30 menit setiap 4 jam mengemudi. Namun, ini bukan aturan yang baku. Jika Anda merasa kelelahan setelah 2 atau 3 jam mengemudi, sebaiknya berhenti di rest area untuk beristirahat atau tidur sejenak. Karena, tidak ada cara yang lebih efektif dalam mengatasi kantuk selain dengan tidur.

Sony juga menjelaskan pentingnya keamanan bagi penumpang anak-anak. Anak-anak harus menggunakan sabuk pengaman saat berkendara. "Banyak orang yang masih tidak menggunakan sabuk pengaman, tidak menggunakan kursi peninggi, dan cenderung memberikan kasur sebagai pengganti. Ini sangat berisiko," tambah Sony.

Terakhir, hal yang juga perlu diperhatikan adalah kondisi ban. Periksa tapak ban, perawatannya, dan pastikan tekanan anginnya sesuai. Karena, ban adalah yang menghubungkan mobil dengan jalan.

Dengan memperhatikan tips-tips ini, Anda dapat menjalani liburan dengan lebih aman dan nyaman. Jaga kondisi fisik, perhatikan keamanan anak-anak, dan pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Selamat liburan dan selamat berkendara! [fris]

Komentar0

Type above and press Enter to search.