TSO6BUz6BSC6TUO9TfW7GfCoTY==

Yuk Ngulik Lima Air Terjun Anggun di Kawasan Pasuruan


PASURUAN |
Pasuruan yang memiliki Gunung Arjuna dan Gunung Welirang menyajikan suasana pemandangan alam yang layak untuk dikunjungi saat liburan. Bagian barat wilayah kabupaten Pasuruan yang berbatasan dengan Malang dan Mojokerto, adalah dataran tinggi yang menjadi salah satu pusat area wisata di Jawa Timur.

Kawasan barat Pasuruan memiliki beberapa lokasi air terjun yang layak dikunjungi. Di mana saja tempatnya? berikut akan kami sajikan info singkat mengenai 5 air terjun alami yang dapat dieksplorasi di Kota Santri ini.

1. Air Terjun Gumandar

Air terjun Gumandar merupakan air terjun yang terletak di lereng Gunung Arjuna dengan memilki tingkatan air terjun yang berundak-undak dan hanya ada saat musim hujan saja ini. Air tejrun Gumandar ini berada pada ketinggian 1200 hingga 1500 Mdpl sehingga Anda bisa membayangkan betapa segar dan sejuk airnya.

Air terjun Gumandar termasuk air terjun yang unik karena tidak mengalir membentuk aliran sungai, melainkan langsung masuk dan terserap secara langsung ke dalam tanah dan kemudian keluar kembali di pemukiman masyarakat sekitar. Aliran air terjun ini tidak tergolong deras dan kondisinya masih bersih dan jernih, sehingga kamu bisa bermain air di sana.

Keberadaan air terjun ini sekitar 11 km dari Kaliandra, Pusat Pendidikan Alam dan Budaya. Terletak di Desa Dayurejo, Kecamatan, Kabupaten Pasuruan, Propinsi Jawa Timur. Berjarak 7 km dari desa terdekat, Dayurejo. Perjalanan ke sana membutuhkan ketahanan fisik. 

Melalui bus jurusan Surabaya Malang, turunlah di Sukorejo, daerah di dekat Pandaan. Dari sini naik ojek sampai ke sekolah alam Kaliandra dengan ongkos sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000. Karena jalanan masih makadam. Alternatif lain adalah menyewa mobil jeep.

2. Air Terjun Kakek Bodo

Air terjun ini memiliki tinggi 40 meter. Berada di 850 mdpl, membuat siapa pun pasti akan terpesona dan terbuai oleh suasananya. Uniknya objek wisata ini mempunyai 3 pintu masuk sekaligus.

Pepohonan yang menjulang tinggi, serta kicauan burung yang bernyanyi, menambah eloknya pemandangan di Lereng Gunung Arjuna ini. Apalagi suhu udara disini hanya 12 sampai 18 derajat. 

Air terjun ini bersumber dari sungai kaligetik yang terus mengalir sepanjang musim. Jadi, tidak perlu takut kehabisan air bila datang ke kawasan ini waktu musim kemarau. Hanya saja, debitnya yang berkurang. 

Pintu pertama berada di Candi jawi, pintu kedua berada di Taman safari II Prigen, dan pintu terakhir terletak di belakang hotel surya. Ketiga pintu ini memiliki keunikan jalan dan jarak masing-masing. Tetapi, tetap dengan pemandangan nan elok khas Gunung Arjuna.

Jarak yang di tempuh menuju ke kawasan ini dari Surabaya adalah 60 km turun Pandaan. Lanjutkan perjalanan menuju ke daerah tretes. Biasanya, ada izusu 1300 dengan tujuan pertigaan pasar tretes dengan harga 5 ribu rupiah saja. nah, turun di depan hotel surya.

3. Air Terjun Coban Cemoro Gading

Wisata Air Terjun Coban Cemoro Gading adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Ngadirejo, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Coban Cemoro Gading adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari libur. 

Coban Cemoro Gading memiliki air yang jernih serta udara sekitar yang masih sejuk. Air terjun di coban ini jatuh tepat di atas bebatuan dan menimbulkan titik-titik air yang segar. Coban ini tergolong tidak berahaya karena tidak memiliki kubangan air yang dalam.

Coban Cemoro Gading juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang datang, diantaranya : area parkir, musholla, kamar mandi dan rumah makan.

Untuk bisa mencapai Coban ini bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat sebagai transportasi. Tetapi tidak perlu khawatir bila menggunakan kendaraan umum seperti bis atau angkutan umum, wisatawan hanya perlu turun di terminal bus kota atau desa tujuan yang sudah ditentukan dan dilanjutkan dengan menggunakan ojek sekitar.

4. Air Terjun Alap alap 

Akses menuju air terjun alap-alap paling mudah ditempuh melalui bumi perkemahan wanawisata Kakek Bodo. Dilanjutkan dengan perjalanan trekking menuju ke arah Selatan kurang lebih 3 kilometer. Tentunya dengan jalur trek yang bermedan cukup berat. Menembus lebatnya hutan, dan naik turun di tepian tebing batu.

Kendati demikian, sepanjang jalur menuju air terjun dipenuhi oleh pemandangan alam yang menarik. Hijaunya rimba dan kesegaran udaranya, menjadi hiburan yang menarik untuk sejenak melupakan penatnya aktivitas. Tak jarang kita menemui satwa-satwa liar seperti kera, aneka burung, dan beberapa jenis serangga hutan disepanjang jalur perjalanan.

Dengan perjalanan yang memakan waktu hampir 2 jam, kepenatan terbayar tatkala sampai di lokasi air terjun. Sebuah pemandangan menarik tersaji diantara kumpulan batuan gunung berukuran raksasa. Air jernih dan segar mengalir disela bebatuan, menimbulkan suara gemericik yang khas berpadu dengan suara kicauan burung.

Kendati demikian, posisi air terjun yang utama masih belum terlihat. Pengunjung harus bersusah payah mendaki batu-batu gunung terjal setinggi kurang lebih 10 meter. Barulah pemandangan sesungguhnya terlihat didepan mata. Sebuah air terjun setinggi kurang lebih 40 meter, dengan tiga tingkatan yang unik. Tampak jelas menghampar diantara tebing-tebing tinggi yang mengelilingi area kolam air seluas hampir 60 meter persegi.

5. Air Terjun Putuk Truno.

Air terjun ini lokasinya berada di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuno dengan ketinggian mencapai kurang lebih 45 meter.

Lebih menariknya lagi, Air Terjun Putuk Truno ini termasuk salah satu air terjun yang mudah diakses di kawasan Tretes. Disamping itu, di sekitar lokasi air terjun juga terdapat beberapa spot yang instagramable.

Sebagai penunjang kenyamanan dalam berwisata, terdapat sejumlah fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Parkir luas, mushola, toilet, gazebo dan warung dengan aneka kuliner yang siap menemani Teman Traveler.

Sementara untuk penginapan tidak perlu khawatir, bisa mencarinya di daerah Prigen. Harga tiket masuk Air Terjun Putuk Truno masih terjangkau, Rp10.000/orang, Rp2.000 untuk parkir roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat.

Dengan memiliki tinggi 45 meter, Air Terjun Putuk Truno menjadi salah satu air terjun yang indah di Jawa Timur. Jernihnya air yang mengalir menambah daya tarik tersendiri. Jika beruntung, bisa melihat penampakan pelangi dari jarak dekat.[roji] 

   

Komentar0

Type above and press Enter to search.